Tidak Pandang Bulu Kepsek SDN 01 Penawar E.I Diduga Potong Dana Bantuan PIP Tahun 2021-2023

Harian Silsilah
0


harian silsilah.com Tulang Bawang - Diduga oknum kepala sekolah SD Negeri 01 Penawar Kecamatan Gedung Aji  Kabupaten Tulang Bawang Lampung Pungli kepada siswa yang mendapatkan bantuan PIP 2021 sampai dengan tahun 2024.. Senin 19/08/24.

Menurut keterangan dari orang tua siswa yang mana sudah wanti-wanti agar namanya tidak disebutkan di media ini menurutnya’ anaknya setiap mendapat bantuan dana PIP. Kepala Sekolah selalu meminta sebesar Rp Lima Puluh Ribu setiap pencairan kepada semua orang tua siswa yang sudah mencairkan dana tersebut,” Senin 19 Agustus 2024.

” Ya benar bang setiap anak saya ada bantuan Dana PIP kepala sekolah selalu meminta jatah Lima Puluh Ribu dengan alasan untuk mengurus berkas agar kedepannya anak dan siswa lain mendapatkan bantuan Dana PIP itu lagi.

Semua anak-anak yang mendapat Bantuan Dana PIP kami orang tua di suruh pihak sekolah untuk mencairkan dana PIP itu, di Bank BRI di Unit 2 ada juga orang tua yang mencairkan dana itu di Kampung Raja Wali. Setelah dana tersebut kami tarik dan sudah cair, kami orang tua siswa, disuruh menyetorkan dana itu di sekolah, setelah disetorkan disekolah, baru mereka potong sebesar Lima Puluh Ribu,” Terangnya

Ya kami orang tua yang tidak mampu ini uang Lima Puluh Ribu itu sangat besar dan sangat berguna sekali, walau pun itu bantuan, tapi setidaknya itu sudah menjadi hak kami untuk menuntut anak kami agar dapat sekolah,” Keluhnya.

Ditempat terpisah salah satu warga menyatakan kepada wartawan media ini bahwa dirinya membenarkan kalau adanya dugaan pemotongan dana bantuan PIP sebesar Lima Puluh Ribu kepada setiap siswa yang mendapatkan bantuan.

” Ya benar pak kalau yang dikatakan orang tua wali murid itu, karena keponakan saya juga dapat PIP itu, saya dengar dari ibuk ya bahwa Dana bantuan PIP itu dipotong dari pihak sekolah sebesar Lima Puluh Ribu,” Pungkasnya.

Saat dikonfirmasi kepada kepala sekolah SD Negeri 01 Penawar E.I oleh wartawan media ini melalui Chat WhatsApp Senin 19 Agustus 2024,  Tentang pungutan sebesar Lima Puluh Ribu dari Dana Bantuan PIP, dirinya membalas menyatakan tidak pernah merasa melakukan penarikan dana tersebut dalam balasnya Chat WhatsApp.

” Walaikum salam maaf pak baru buka hp, wah Sdah banyak cerita nya ni, y Allah sy GK merasa sama sekali pemungutan dana bantuan PIP 50 tersebut Pak.

Tolong pak siapa dari wali  siswa itu  y Alloh bener” sy GK merasakan pemungutan,” Balasnya.

Mendapat penjelasan dari orang tua wali murid bahwa adanya pemotongan Dana sebesar Lima puluh ribu setiap Bantuan PIP dicairkan yang di duga dilakukan oleh kepala sekolah, SDN 01 Penawar namun hal ini sangat bertentangan dengan apa yang menjadi jawaban kepala sekolah pada wartawan oleh karena itu di duga adanya oknum yang tidak bertanggungjawab.

Diharap pada (APH) Aparat Penegak Hukum  agar dapat  memproses permasalahan ini, karena sedikit pun tarikan tersebut sudah termasuk Pungli sesuai dengan UU Pungli bagi siapa saja yang melakukan pungutan liar yang tidak jelas dan tidak ada aturannya maka harus diproses sesuai aturan yang berlaku.

Sampai terbitnya berita ini kepala sekolah SD N 01 Penawar E.I belum bisa dimintai lebih lanjut, karena dirinya lagi sibuk ada dengan alasan lagi rapat, saat di hubungi melalui telepon suara WhatsApp. (dl)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)